Hai semuanya! Assalamualaikum^_^ di blog post kali ini aku akan bahas sesuatu yang berbeda dari biasanya nih hhe tapi masih berhubungan dengan beauty ko. Untuk pertama kalinya aku mencoba untuk mengikuti Ngopi Cantik Beautiesquad. Kalau denger sekilas pasti deh mikirnya ngopi cantik ini kita bertemu dan berkumpul di suatu tempat untuk membahas sesuatu, tapi ternyata bukan guys. Ngopi Cantik versi Beautiesquad ini merupakan berkumpulnya para beauty blogger, ataupun beauty content creator lainnnya di media social whatsapp. Dan kegiatan yang dilakukan adalah kurang lebih seperti seminar gitu, tapi  via social media whatsapp. Dan menurutku kegiatan ini menarik banget karena lebih canggih, lebih mudah untuk mengatur waktu  daripada harus datang langsung ke suatu tempat  seminar tersebut dan juga mendapatkan informasi yang bermanfaat banget apalagi dengan mengundang narasumber yang sudah ekspert di bidangnya. Dan di Ngopi Cantik #9 kali ini bertemakan Lipstick Swatching 101 yang akan membahas tentang bagaimana tips dan trick fotograpi lip product swatching dengan Ka Rissa atau sering dikenal dengan  Lippielust. Pasti buat para beauty enthusiast udah pada tau kan sama akun  Lippielust ini dengan  keunikan swatch & review lipstick nya, bahkan akupun saat pertama kali lihat auto menarik dan langsung kepoin sosmednya hhe.
Ig: lippielust

Dan tibalah saatnya pada hari Jum’at, 20 September 2019 pukul 19.00 WIB Ngopi Cantik #9 dimulai. Dan dibuka lah ngopcan ini oleh Ka Jennifer sebagai moderator untuk mempersilahkan Ka Virly sebagai Founder untuk memberikan sambutan. Dan perkenalan dari narasumber, Ka Rissa. Jadi, Ka Rissa menjalani Lippielust sudah 5 tahun lebih, dan mulai serius pada tahun 2014. Namun sebenarnya sudah suka swatching saat Ka Rissa masih kerja sebagai freelance graphic designer. Sekarang ini Lippielust adalah tim, ada yang berperan sebagai kreatif, finance, PR/Manager, videographer dan soon aka nada photo retoucher juga.
Ig: lippielust

Jadi, apasih  yang menginspirasi Ka Rissa untuk menjadi Lip Swatcher?
Karena dulu memang susah banget untuk mencari swatches lipstick di kuliat Asia, khususnya Indonesia maka dari situlah mulai suka swatching lipstick. Meskipun masih sembunyi-sembunyi karena ngerasa malu dan juga efek dari bullying, karena ternyata dulu Ka Rissa pernah di-bully karena katanya bibirnya kaya piyo-piyo.*btw,piyo-piyo apaan ya guys?:D Tapi lama kelamaan dapet support juga dari suaminya, karena swatching lipstick itu terasa relaxing dan surprisingly back then banyak yang ngerasa swatches-nya bermanfaat. Dan ternyata followers Ka Rissa itu justru banyak nya dari luar negeri, terutama US dan Amerika Selatan karena mereka bisa  relate betapa swatches saat itu sangat exclusive (banyaknya yang berkulit putih aja).

Berapa lama waktu keseluruhan untuk mengerjakan lip swatch sampai akhirnya di-post di blog dan sosmed lainnya?
Untuk proses foto dan editing jika di total bisa 3 hari atau lebih. Jika dengan scheduling & blog bisa semingguan.

Tantangan bikin Lip Swatch
Dulu, tantangan paling besar Ka Rissa adalah gimana caranya cari cahaya matahari yang bener-bener bagus. Karena ga ada ring light, ga ada kamera, hanya bermodalkan PC dan Photoshop. Kedua tantangan nya adalah bibir harus bener-bener siap, ga boleh pecah-pecah. Dan sampai sekarang pun setiap kali bibir pecah-pecah fotonya ditunda. Ketiga kalau dapet produk lip stain yang susah banget dihapus nya karena bikin cape untuk hapus dan memerlukan waktu yang lebih.

Must have tools buat yang baru mau mulai lipstick swatching
Sebenarnya gampang, tidak ada tools spesifik untuk swatching. Tapi setelah swatching, ada proses editing mungkin ini yang jadi bagian complexnya. Yang penting mempunyai Keberanian, karena ga jarang banyak yang ingin melakukan ini tapi ga pede & takut di bully. Tidak selalu harus menggunakan Kamera, pakai Smartphone pun jadi, karena dulu waktu pertama kali Ka Rissa pun memakai HP, apalagi sekarang sudah makin canggih. Selalu gunakan tripod & timer (jika ada), belajar pose dari awal agar terbiasa dengan posenya. Tools lainnya ya makeup tools saja, semacam lipstick remover, sponge (kalau lipstick dihapus biasanya foundie suka rusak). Dan juga kalau bisa harus duduk, karena lumayan lama nanti pegel lagi hhe.

Ada masa nya kita berada di titik jenuh dengan apa yang kita lakukan, termasuk aku sendiri. Karena kadang untuk terus berkarya & membuat konten memerlukan konsep & konten yang menarik, apalagi hanya dengan 1 niche/tema. Akupun sering kali merasakannya & cara mengatasinya ya harus me time, dengan melakukan kegiatan apapun yang di inginkan/merawat diri/nonton drakor/hibernasi & tidak melakukan kegiatan apapun. Seperti yang dikatakan oleh Ka Rissa bahwa "Burnout itu bahaya, jadi kalau udah ngerasa capek mentally ya istirahat. Gak perlu dipaksakan"

Okedeh mungkin hanya segitu cerita kali ini, seneng banget ternyata ikut kegiatan ini bisa nambah ilmu & pengetahuan yang lebih lagi. Terimakasih sudah mampir, Assalamualaikum^_^
#Beautiesquad
#NgopiCantikBeautiesquad


XOXO

3 Comments

  1. Aku juga awal mula tahu lip swatchesnya kak Rissa ini aku auto cariin IGnya soalnya beneran jelas. Reviewny juga mantul jadi memudahkan aku mencari swatch lipen yang mau aku beli

    ReplyDelete
  2. aku juga ikutan acara ini beneran bermanfaat banget ya ilmu dari teh rissa

    ReplyDelete
  3. Bagus banget ya acaranya dan tipsnya nih . Aku juga prnh merasakan namanya titik jenuh saat harus membuat konten dan aku harus tetap menjaga agar aku selalu mood supaya hasilnya bisa maksimal

    ReplyDelete